Peran Penting Konsistensi Dalam Dunia Kerja

Peran Penting Konsistensi Dalam Dunia Kerja

Peran Penting Konsistensi Dalam Dunia Kerja

Manusia memiliki tiga naluri alami yang tidak bisa dipisahkan keberadaannya. Naluri tersebut diantaranya naluri bertuhan, naluri kasih sayang dan naluri eksistensi. Manusia secara alami butuh penilaian dari orang lain. Manusia juga memiliki hal yang ingin ditonjolkan. Kini banyak orang yang mencapai impiannya, merasa kehilangan arah karena tidak mengetahui tujuan apa yang dicapainya dan seringkali mudah terpengaruh hal-hal up to date dengan alasan takut ketinggalan zaman.

Padahal, dalam mencapai segala sesuatu perlu adanya konsistensi sebagai kunci untuk mencapai kesuksesan, produktivitas yang tinggi, dan reputasi yang baik di tempat kerja. Baik bagi professional yang berusaha meningkatkan karirnya maupun pengusaha yang mencapai pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Konsistensi merupakan sebuah sifat dalam mencapai sesuatu sesuai dengan pola atau standar tertentu yang tidak berubah-ubah. Hal ini penting untuk mencapai keberhasilan, stabilitas, dan kepercayaan dalam berbagai bidang kehidupan. Jika dalam mencapai sesuatu tidak diiringi oleh konsistensi dalam meraihnya maka dapat menyebabkan kebingungan, ketidakpastian dan keraguan.

Menurut Ivan Lani ada lima cara menjaga konsistensi dalam melakukan sesuatu diantaranya :

  1. Temukan Motivasi baik dari dalam maupun dari luar.
  2. Membuat Rencana yang disesuaikan secara realistis dengan kemampuan.
  3. Cari Bantuan untuk menyempurnakan rencana kita kepada para ahli.
  4. Evaluasi Kemajuan secara berkala.
  5. Hargai Usaha kita, misalnya dengan menceritakan keberhasilan kepada kerabat terdekat.

Pada dunia kerja, konsistensi sangat diperlukan keberadaannya. Konsistensi dunia kerja mengacu pada tingkat keseragaman dan kualitas yang terjaga, tingkat produktivitas, hasil dan perilaku seseorang di tempat kerja sepanjang waktu.

Cara meningkatkan konsistensi di lingkungan kerja dengan cara menjaga standar kinerja yang tetap tinggi, melakukan tugas-tugasnya dengan cara yang sama dan berkualitas, serta mempertahankan tingkat komitmen yang konsisten terhadap pekerjaannya.

Peran penting konsistensi dalam bekerja :

  1. Meningkatkan produktivitas dengan memanfaatkan peluang menjadi sesuatu yang berharga.
  2. Membangun reputasi yang baik dengan menciptakan kepercayaan diantara rekan kerja, atasan dan klien.
  3. Meningkatkan keandalan karena mereka cenderung datang ke tempat kerja tepat pada waktu yang ditentukan, memenuhi tenggat waktu, dan memenuhi janji.
  4. Meningkatkan focus dann disiplin dengan menjaga rutinitas dan standar kinerja yang tinggi.
  5. Peluang karir yang baik dengan mencipakan sikap tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Hal ini menjadi peluang mendapatkan promosi dan penghargaan atas kontribusi karena dianggap sebagai asset berharga bagi organisasi.

Setiap manusia secara alami memiliki naluri eksistensi diri. Hal ini ditunjukkan dengan sifatnya yang ingin mencoba banyak hal baru untuk diraihnya. Rasa penasaran yang tinggi membuat manusia tersebut bingung kemana sebenarnya tujuan yang ingin dicapai. Sehingga diperlukan konsistensi dalam meraih tujuan tersebut.